Teori belajar humanistik bertujuan untuk memanusiakan manusia. Proses belajar dianggap berhasil jika anak memahami lingkungannya dan dirinya sendiri. Siswa dalam proses belajarnya harus berusaha agar lambat laun ia mampu mencapai aktualisasi diri dengan sebaik-baiknya. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya, bukan dari sudut pandang pengamatnya.
Tujuan utama para pendidik adalah membantu siswa untuk mengembangkan dirinya, yaitu membantu masing-masing individu untuk mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik dan membantu dalam mewujudkan potensi-potensi yang ada dalam diri mereka. Para ahli humanistik melihat adanya dua bagian pada proses belajar, ialah : Proses pemerolehan informasi baru, Personalia informasi ini pada individu.
Teori Humanistik Arthur Combs
- Mengerti tingkah laku manusia = mengerti sudut pandangnya mengenai dunia.
- Mengutamakan perasaan, persepsi, kepercayaan, tujuan dari dalam.
- Mengubah perilaku adalah dengan mengubah persepsi individu tersebut.
- Kebutuhan fisiologis,
- kebutuhan akan rasa aman,
- kebutuhan untuk memiliki-dimiliki, kebutuhan akan cinta,
- kebutuhan untuk dihargai,
- kebutuhan untuk mengaktualisasikan-diri
Teori Belajar Humanistik Rogers 1
- Belajar & mengajar lebih manusiawi, personal, dan berarti
- Prinsip-prinsip Belajar Humanistik
# significant learning
# learning without threat (tanpa ancaman)
# self-initiated learning (learning how to learn)
# learning and change
Prinsip Belajar Humanistik
- Manusia memiliki kemampuan alami untuk belajar;
- Belajar menjadi signifikan apabila apa yang dipelajari memiliki relevansi dengan keperluan mereka;
- Belajar yang menyangkut suatu “perubahan dalam diri individu” dapat dianggap sebagai ancaman dan cenderung ditolak;
- Tugas belajar dapat lebih diterima dan diasimilasikan apabila ancaman dari luar itu semakin kecil;
- Apabila ancaman dari luar individu kecil, pengalaman dapat diperoleh dengan berbagai cara, dan proses belajar dapat terjadi;
- Belajar bermakna diperoleh siswa dengan melakukannya;
- Belajar berlangsung secara lebih baik apabila pesserta didik dilibatkan dalam proses belajar dan ikut bertanggung jawab dalam prose belajar;
- Belajar atas inisiatif sendiri dengan keterlibatan seutuhnya, baik emosi maupun kognisi, merupakan cara yang efektif (mendalam dan kontinu);
- Kepercayaan diri, kemerdekaan, kreativitas lebih mudah dicapai apabila peserta didik dibiasakan untuk mawas diri dan mengeritik diri sendiri;
- Belajar mengenai proses belajar merupakan belajar yang penting secara sosial, yakni sikap terbuka terhadap pengalaman dan penyatuan diri dalam proses perubahan.
0 Response to "Materi Pedagogik PPPK Guru, Teori Belajar Humanistik"
Posting Komentar