SOAL DAN PEMBAHASAN TRYOUT PEDAGOGIK PPPK GURU 2021
Berikut adalah soal dan pembahasan tryout pedagogik PPPK guru tahun 2021
1. Tujuan pembelajaran yang
menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan
kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
2. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri
dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
3.
Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya
adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan
belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus
bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber
dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim
guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
4. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran
dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan
pendidikan
5. Renacana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau
lebih. Dijabarkan dari....
A. Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
B. Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
C. Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
D. Silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar
peserta didik dalam upaya mencapai KD
6.
Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia
adalah sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan
Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat
menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah
dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip
digunakan adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan dan
keterpaduan
7. Dalam
mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni;:
A. Metode mengajar yang digunakan guru
B. Karakteristik bahan ajar
C. Waktu yang tersedia
untuk kegiatan pembelajaran
D. Buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran
8. Jika seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran
sebagai berikut:
1)
Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada
kemampuan penguasaan dalam proses
berfikir dan berkomunikasi,
2) Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar
peserta didik.
3)
Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian masalah dengan
berpatokan pada aturan yang berlaku,
seperti peta konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang
berbasis....
A. Kognitivisme
B. Behaviorisme
C. Konstructivisme
D. Humanisme
9.
Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia peserta
didik antara 7 12 tahun. Dengan
demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…
A. Penggunaan media,
alat peraga termasuk sumber belajar.
B. Pemberian tugas yang tersetruktur.
C. Penggunaan metode bervariasi
D. Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah.
10. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan
urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
B. ingatan, pemahaman,
aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
0 Response to " SOAL DAN PEMBAHASAN TRYOUT PEDAGOGIK PPPK GURU 2021"
Posting Komentar