SOAL DAN PEMBAHASAN TRYOUT PEDAGOGIK PPPK GURU 2021 PART 2 (20 SOAL)


Berikut adalah soal tryout pedagogik PPPK Guru 2021 

1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna Kognitif ialah...

A. Kemampuan berkomunikasi

B. Kemampuan memecahkan masalah

C. Kemampuan berinteraksi

D. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

2. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom  mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis

C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.

3. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak  kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan  kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….

A. Role Playing

B. Inquiry

C. Problem Solving

D. Picture and Picture

4. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan  masalah proses pembelajaran adalah:

A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan

C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran

D. Motivasi belajar siswa

5. Kemampuan yang paling penting dimiliki guru tentang media dan alat bantu pembelajaran  adalah:

A. Memilih bahan untuk membuat media/alat bantu

B. Membuat media dan alat bantu sederhana

C. Menggunakan media dan alat bantu

D. Merawat media dan alat bantu

6. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam…. 

A. Pencapaian standar kompetensi

B. Pencapaian kompetensi dasar.

C. Pencapaian tujuan pembelajaran

D. Pencapaian standar kelulusan

7. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami  pelajaran yang sedang diajarkan adalah:

A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan

B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami

C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa

D. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan

8. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan  memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?

A. Memindahkantempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan

B.Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik

C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan 

D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber

9. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban  atas pertanyaan yang diajukan ?

A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut 

B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah 

C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik

D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.

10. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....

A.   Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai  dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.

B.    Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator,  materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.

C.    Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber  belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar. 

D.   Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai  kompetensi.

11. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....

A. Sharing dengan teman

B. Guru kreatif

C. Pengalaman nyata

D. Menggunakan satu sumber

12. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu  menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan  memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi  pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…

A. Sahih

B. Kebermanfaatan

C. Layak dipelajari

D. Menarik minat

13. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal  siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan  materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....

A. Kausal

B. Spiral

C. Kronologis

D. inquiri

14. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan  pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok  besar atau massal.

Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...

 

A. tujuan 

B. sasaran didik

C. ketersediaan

D. konteks penggunaan

15. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran  dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar  yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran  adalah…

A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut. 

C. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.

D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

16. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media  yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke  dalam..

A.    media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput  terbatas 

B.    media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat 

C.    media tradisional dan media berbasis TIK 

D.    media dua dimensi dan media tiga dimensi

17. Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang.  Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih  media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.

Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...

A.      Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya,  ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.

B.      Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan  konteks penggunaan.

C.      Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media

18. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk  mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media  pembelajaran adalah: 

A.    media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK  

B.    sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran  

C.    media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan  pembelajaran 

D.    memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

19. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk  memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru  sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang  berisi sistem peredaran darah.

Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:

A. Menampilkan objek yang terlalu besar 

B. Membuat konkrIt konsep yang abstrak 

C. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.  

D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

20. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru  dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin  menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.

Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:

A.    Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi. 

B.    Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

C.    Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.

D.    Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.

 


0 Response to "SOAL DAN PEMBAHASAN TRYOUT PEDAGOGIK PPPK GURU 2021 PART 2 (20 SOAL)"

Posting Komentar

PENDAFTARAN PPPK 2022 SUDAH DI BUKA

sumber gambar: https://sscasn.bkn.go.id/  Website SSCASN sudah bisa dibuka umtuk penerimaan CASN oleh pemerintah di tahun 2022 mulai kemarin...