Berikut adalah soal tryout pedagogik PPPK Guru 2021
1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna
Kognitif ialah...
A. Kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan memecahkan masalah
C. Kemampuan berinteraksi
D. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
2. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan
berikut:
A.
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C. ingatan,
pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan,
pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
3. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain;
berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara
realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk
menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A.
Role Playing
B. Inquiry
C. Problem
Solving
D.
Picture and Picture
4. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan
diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A.
Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan
masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah
peserta didik yang mengikti pembelajaran
D.
Motivasi belajar siswa
5.
Kemampuan yang paling penting dimiliki guru tentang media dan alat bantu
pembelajaran adalah:
A.
Memilih bahan untuk membuat media/alat bantu
B. Membuat
media dan alat bantu sederhana
C.
Menggunakan media dan alat bantu
D.
Merawat media dan alat bantu
6.
Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A.
Pencapaian standar kompetensi
B.
Pencapaian kompetensi dasar.
C.
Pencapaian tujuan pembelajaran
D.
Pencapaian standar kelulusan
7. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami
kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A.
Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum
dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. Membantu
setiap siswa yang mengalami kesulitan
8. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami
kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa
yang akan dilakukan ?
A.
Memindahkantempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B.Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang
bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
9. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta
didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk
peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun
salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta
didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
10.
Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi
dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual,
sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B.
Adanya hubungan yang
konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar,
indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber
belajar, dan sistem penilaian.
C.
Cakupan
indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar,
sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang
pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional
dalam mencapai kompetensi.
11.
Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut,
kecuali....
A.
Sharing dengan teman
B. Guru
kreatif
C.
Pengalaman nyata
D. Menggunakan
satu sumber
12. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni
Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji
kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi
untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan
materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B.
Kebermanfaatan
C.
Layak dipelajari
D. Menarik
minat
13.
Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi
yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih
mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti
pola....
A.
Kausal
B.
Spiral
C.
Kronologis
D.
inquiri
14. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan
tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah
untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau
massal.
Pernyataan
tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...
A.
tujuan
B. sasaran
didik
C.
ketersediaan
D. konteks
penggunaan
15.
Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi
pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam
pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang
pendidik terkait dengan keterampilan memilih media
pembelajaran adalah…
A.
Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media
pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
D.
Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
16.
Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis
media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan
jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..
A. media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki
daya liput terbatas
B. media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat
C. media tradisional dan media berbasis TIK
D. media dua dimensi dan media tiga dimensi
17.
Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak
usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat
memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia
memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan
dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian,
biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi
visi sekolah dan konteks penggunaan.
C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan
konteks penggunaan D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan
karakteristik media
18. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan
sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan
berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:
A.
media pembelajaran yang
paling baik adalah media yang berbasis TIK
B.
sebuah media dapat
digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
C. media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu
kegiatan pembelajaran
D. memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak
merepotkan
19. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang
bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang
memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media
pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi
sistem peredaran darah.
Fungsi
media pada pernyataan tersebut adalah:
A.
Menampilkan objek yang terlalu besar
B. Membuat
konkrIt konsep yang abstrak
C. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam
lingkungan belajar.
20. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini
dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih
efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu
konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut
ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A.
Menampilkan
objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
B.
Membawa objek yang
berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan
peredaran darah.
D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
0 Response to "SOAL DAN PEMBAHASAN TRYOUT PEDAGOGIK PPPK GURU 2021 PART 2 (20 SOAL)"
Posting Komentar