RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


DARING 


PADA MASA COVID-19



 

Sekolah                                 : SMPN 1 Purabaya

Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Kelas/Semester                    : VII/Ganjil

Materi Pokok                       : Objek Ilmu Pengetahuan Alam dan Pengamatannya

Alokasi waktu                      : 90 menit

 

A.       Tujuan Pembelajaran

Setelah menonton Video Youtube Yang dikirim Guru Melalui grup Whatsapp, peserta didik diharapkan dapat:

·       Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA

·       Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA

·       Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA

 

B.       Media Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar

·         Media: STUDYSASTER merupakan sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikan pendidikan kebencanaan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan meningkatkan minat siswa belajar kebencanaan

·         Sumber Belajar: Buku IPA Kls VII Kemdikbud, Buku lain yang menunjang, youtube.

 

C.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dipandu melalui grup Whatsapp,

dan siswa mengisi daftar hadir Online Yang dikirim Guru ke Grup Whatsapp

Kegiatan Inti ( 70 Menit )

Kegiatan Literasi

Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi

Penyelidikan IPA; Metode ilmiah, kegunaan dan objek yang dipelajari dalam IPA.

Critical Thinking

Melalui Grup Telegram/Whatsapp Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Penyelidikan IPA; Metode ilmiah, kegunaan

dan objek yang dipelajari dalam IPA.

Collaboration

Peserta didik bersama orangtua dirumah mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan

ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Penyelidikan IPA; Metode ilmiah, kegunaan dan objek yang dipelajari dalam IPA.

Communication

Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik diminta mempresentasikan hasil kerja individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh

individu yang mempresentasikan

 

Creativity

Melalui Grup Telegram/Whatsapp dan peserta didik membuat kesimpulan  tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Penyelidikan IPA; Metode ilmiah, kegunaan dan objek yang dipelajari dalam IPA. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang

belum dipahami

Kegiatan Penutup (10 Menit)

Guru memberikan pesan moral kepada peserta didik atas apa yang mereka pelajari hari ini melalui grup telegram/whatsapp.

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran

yang baru dilakukan. ( mengirimkan kesimpulan ke grup telegra m /whatsapp )

 

D.       Penilaian Hasil Pembelajaran

 

1.        Penilaian Pengetahuan;

Tes tertulis melalui Daring

2.        Penilaian Keterampilan;

Dilakukan pada saat presentasi melalui video yang dikirimkan


                                                                                        

Mengetahui                                                                          Purabaya,... Juli 2020

Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

Tato Sugiharto, S.Pd. M. M.Pd.                                         Ai Megawati. S.Pd

NIP.196407271984101001                                                NIP.

0 Response to " "

Posting Komentar

PENDAFTARAN PPPK 2022 SUDAH DI BUKA

sumber gambar: https://sscasn.bkn.go.id/  Website SSCASN sudah bisa dibuka umtuk penerimaan CASN oleh pemerintah di tahun 2022 mulai kemarin...